10 Pertanyaan & Jawaban Tentang Perawatan Wajah Ibu Hamil

Sedang hamil bolehkah perawatan wajah? Perawatan yang aman caranya bagaimana? Dan banyak lagi pertanyaan lainnya. Semua pertanyaan tersebut terjawab dalam 10 Pertanyaan & Jawaban Tentang Perawatan Wajah Ibu Hamil.

Masa kehamilan merupakan masa yang cukup berat bagi seorang wanita. Diantaranya terjadi perubahan dan ketidakstabilan hormon yang berpengaruh salah satunya pada kulit wajah sehingga timbul jerawat dan flek-flek hitam meskipun tidak semua ibu hamil mengalaminya.

Timbulnya jerawat disebabkan oleh peningkatkan hormon androgen sehingga produksi kelenjar minyak pada wajah meningkat. Wajah menjadi lebih berminyak dan akhirnya memicu jerawat.

Sementara timbulnya flek atau bercak hitam pada wajah diduga akibat peningkatan hormon progesteron, MSH, dan estrogen yang menyebabkan timbulnya flek hitam di beberapa bagian wajah seperti pipi, hidung, dan kening. Namun hal ini umumnya hanya terjadi sementara.

Setelah melahirkan dan produksi hormon kembali normal maka kondisi wajah akan normal kembali. Meskipun demikian ibu hamil tetap harus merawat kulit wajahnya dengan teratur.

Lalu bagaimana perawatan wajah yang cocok dan aman bagi ibu hamil? Produk perawatan apa saja yang boleh dan tidak boleh digunakan? Berikut ulasannya.

 

1. Bolehkah Ibu Hamil Perawatan Wajah?

Ya, tentu saja boleh dan harus karena pada saat hamil terjadi perubahan produksi hormon dalam tubuh sehingga ibu hamil rentan mengalami masalah dengan kulit wajah seperti jerawat dan flek-flek hitam.

Malah diperlukan perhatian khusus pada produk perawatan wajah yang digunakan karena ada beberapa bahan kimia tertentu yang harus dihindari oleh ibu hamil.

Ibu hamil harus sangat selektif memilih produk yang akan digunakan. Sedapat mungkin gunakan produk perawatan wajah yang mengandung bahan-bahan alami serta terhindar dari merkuri dan bahan-bahan kimia berbahaya lainnya yang bisa membahayakan janin.

 

2. Perawatan Wajah yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Tidak hanya selama masa kehamilan, masa menyusui juga merupakan kondisi rentan seorang wanita sehingga tidak bisa sembarangan menggunakan obat-obatan termasuk produk perawatan wajah. Salah pemakaian bisa berakibat buruk tidak hanya bagi si ibu namun juga anak yang sedang disusuinya.

Oleh karena itu penting sekali bagi ibu hamil dan menyusui untuk memperhatikan perawatan wajah dan produk yang digunakan agar tidak berpengaruh buruk pada janin atau bayinya. Diantara perawatan wajah yang aman dan disarankan bagi ibu hamil adalah menggunakan bahan-bahan alami yang diolah sendiri.

Ada banyak pilihan bahan alami yang dapat digunakan untuk perawatan wajah diantaranya lemon, madu, kunyit, yoghurt, kentang, pepaya, minyak zaitun, dan lain-lain. Namun jika wajah justru mengalami iritasi sehabis menggunakan bahan alami tersebut sebaiknya segera hentikan pemakaiannya.

Kemudian perbanyaklah mengonsumsi air putih karena tidak hanya baik untuk wajah namun bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara umum. Dan untuk menghindari masalah kulit sebaiknya jangan menggunakan make-up terlalu tebal karena dapat menyumbat pori-pori wajah sehingga menyebabkan gangguan pada kulit.

 

3. Perawatan Wajah untuk Ibu Hamil Muda Trimester 1

Masa 3 bulan pertama kehamilan atau disebut juga trimester 1 merupakan masa-masa awal yang cukup sulit dan rentan bagi ibu hamil. Sebagian kasus keguguran terjadi pada masa ini karena berbagai faktor sehingga seorang wanita mesti benar-benar menjaga kondisi kesehatannya.

Pada masa ini kehamilan dan kondisi psikis ibu hamil harus benar-benar dijaga agar tetap sehat dan terhindar dari stres. Salah satunya dengan melakukan perawatan wajah secara teratur.

Kondisi wajah yang bersih dan terawat turut berpengaruh pada kondisi psikis ibu sehingga ia tidak mudah stres. Pada dasarnya perawatan wajah yang dilakukan pada trimester 1 ini kurang lebih sama dengan biasanya.

Hanya saja perhatikan penggunaan produk perawatan wajah yang digunakan. Sebaiknya pilih produk perawatan wajah yang ringan dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti retinol dan retin-A. Dengan melakukan perawatan wajah secara teratur maka ibu hamil akan tetap tampak cantik dan sehat seperti biasa.

 

4. Perawatan Wajah Berjerawat untuk Ibu Hamil

Timbulnya jerawat pada masa kehamilan merupakan hal yang umum terjadi. Hal ini disebabkan oleh peningkatan produksi hormon androgen sehingga produksi kelenjar minyak juga meningkat.

Akibatnya wajah menjadi sangat berminyak dan memicu timbulnya jerawat. Apalagi jika si ibu tidak telaten merawat wajahnya maka jerawat akan mudah sekali muncul.

Lalu bagaimana perawatan wajah yang sudah terlanjur berjerawat? Untuk mengatasi jerawat anda dapat menggunakan berbagai obat oles jerawat yang tersedia di pasaran. Namun harap memperhatikan kandungan bahannya.

Beberapa bahan yang aman untuk obat jerawat ibu hamil adalah azelaic acid, alpha hydroxyl, glycolic acid, dan sulfur. Sementara bahan-bahan yang harus dihindari adalah retinoid, benzoyl peroxide, salicylic acid, tetrasiklin, isotretinoin, dan tretinoin.

Untuk lebih amannya sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sehingga dapat memilih jenis pengobatan dan produk yang tepat. Selain penggunaan obat jerawat yang tepat ibu hamil juga harus melakukan perawatan wajah harian secara rutin seperti membasuh wajah, menggunakan pelembab, dan lain sebagainya.

Di samping itu gunakan pula berbagai produk perawatan wajah yang khusus untuk wajah berminyak mengingat tingginya produksi minyak wajah pada masa kehamilan. Dengan melakukan perawatan seperti ini maka wajah anda akan tampak bersih dan bebas dari jerawat.

Coba juga saran lainnya untuk perawatan wajah berjerawat karena berminyak dalam 11 Perawatan Wajah Berminyak Ampuh, Hilangkan Rasa Tidak PD tentunya pastikan yakin aman untuk ibu dan bayi anda sebelum menerapkannya ya.

 

5. Perawatan Wajah Alami untuk Ibu Hamil

Mengingat kondisi ibu hamil yang sensitif dengan bahan-bahan tertentu yang terdapat pada berbagai produk perawatan wajah ada baiknya ibu hamil memilih perawatan wajah yang alami saja sehingga terhindar dari efek buruk penggunaan bahan-bahan kimia tersebut.

Karena seperti diketahui ada beberapa bahan kimia yang biasa terkandung dalam produk perawatan wajah yang ternyata berdampak buruk bagi janin. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan perawatan wajah secara alami merupakan solusi yang tepat.

Selain lebih aman perawatan wajah secara alami juga lebih murah sehingga tentunya dapat menghemat pengeluaran. Diantara perawatan wajah alami yang disarankan bagi ibu hamil adalah menggunakan campuran putih telur dan jeruk nipis yang diaplikasikan sebagai masker wajah.

Kedua bahan ini dicampurkan secara merata lalu diaplikasikan pada kulit wajah yang telah bersih. Biarkan selama sekitar 20-30 menit lalu bersihkan wajah dengan air hangat. Dengan perawatan secara teratur akan membantu membasmi jerawat dan mencerahkan kulit wajah.

Bahan alami lainnya yang juga bisa menjadi pilihan adalah masker tomat yang dibuat dari campuran tomat dan jeruk nipis dan diaplikasikan pada wajah sebagai masker. Kemudian ada pula masker bengkoang yang baik sekali untuk mencerahkan kulit wajah dan menghindarkannya dari kekusaman.

Dan yang tidak kalah bermanfaat adalah masker pepaya yang juga memiliki manfaat serupa dengan masker bengkoang. Dapat kita lihat berbagai bahan alami ini relatif mudah didapatkan sehingga dapat diracik sendiri oleh ibu hamil agar kulit wajahnya tetap sehat dan cantik.

Ingin tahu lebih banyak perawatan wajah secara alami simak 12 Perawatan Wajah Secara Alami Manjur & Tanpa Efek Samping.

 

6. Produk Perawatan Wajah untuk Ibu Hamil

Kondisi hormon dan kesehatan ibu hamil yang tidak stabil menyebabkan mereka sangat sensitif dengan berbagai produk termasuk produk perawatan wajah.

Keliru menggunakan produk perawatan wajah tidak hanya menyebabkan masalah pada kulit wajah namun juga bisa membahayakan janin sehingga anda harus ekstra hati-hati dalam memilih produk perawatan wajah.

Sedapat mungkin pilihlah produk perawatan wajah yang mengandung bahan-bahan alami. Diantara produk perawatan wajah yang terbukti aman bagi ibu hamil adalah Wardah Seaweed Cleansing Micellar Water yang digunakan untuk membersihkan wajah dari berbagai kotoran dan debu.

Pembersih wajah dari Wardah ini bebas dari paraben, fragrance, dan alkohol sehingga aman bagi ibu hamil. Kemudian ada pula Avoskin Facial Wash yang aman digunakan oleh ibu hamil untuk mencuci wajah sehari-hari.

Dengan kandungan bahan alami seperti aloe vera produk ini tidak hanya membersihkan wajah namun juga memelihara kelembaban wajah sehingga terhindar dari kering dan kusam. Sementara untuk pelembabnya anda dapat menggunakan Nature Republic Soothing & Moisture Aloe Vera 92% Soothing Gel.

Pelembab wajah berbahan gel ini sangat baik untuk menjaga kelembaban wajah tanpa menimbulkan rasa lengket dan tentunya aman bagi ibu hamil.

Simak juga cara lain agar wajah terhindar dari kekusaman dalam 10 Perawatan Wajah Kusam Agar Cerah Bersinar Tampak Lebih Putih pastikan anda yakin aman sebelum menerapkannya ya.

 

7. Cream Perawatan Wajah untuk Ibu Hamil

Salah satu produk perawatan wajah yang digunakan oleh para wanita termasuk ibu hamil adalah cream wajah. Baik cream pelembab, cream tabir surya, cream malam, dan lain sebagainya. Ibu hamil tentu tidak bisa sembarangan menggunakan berbagai jenis cream perawatan wajah ini.

Sebagai pertimbangan bagi ibu hamil berikut beberapa cream perawatan wajah yang terbukti aman bagi ibu hamil. Diantaranya ada moisturizer plus sunscreen yang mengandung SPF 30 dan vitamin C dari The Body Shop.

Produk ini merupakan pelembab sekaligus pelindung wajah dari sengaatan sinar matahari. Cocok digunakan saat anda akan keluar rumah. Selain itu ada pula produk perawatan wajah dari Safi yang diklaim menggunakan bahan-bahan alami seperti jintan hitam sehingga aman digunakan oleh ibu hamil.

Meskipun telah terbukti aman dan digunakan oleh sebagian ibu hamil namun tidak ada salahnya anda berkonsultasi dengan dokter terkait untuk memastikannya karena kondisi kesehatan ibu hamil yang berbeda-beda. Suatu produk yang aman bagi seseorang belum tentu aman pula untuk yang lain.

 

8. Perawatan Wajah Klinik Larissa untuk Ibu Hamil

Meskipun sedang hamil seorang wanita tetap memerlukan perawatan wajah seperti wanita lain pada umumnya agar kulit wajahnya tetap sehat dan cantik.

Apalagi pada saat hamil seorang wanita cenderung mengalami masalah dengan kesehatan kulit seperti timbulnya jerawat dan bercak hitam sehingga penting sekali untuk melakukan perawatan wajah.

Namun sebagian ibu hamil khawatir mengenai efek buruk perawatan wajah tersebut terhadap janin yang dikandungnya. Seperti penggunaan produk berbahan kimia dan treatment-treatment tertentu yang dikhawatirkan membahayakan janin.

Oleh karena itu perawatan wajah di klinik kecantikan seperti klinik kecantikan Larissa menjadi alternatif yang tepat.

Dengan melakukan perawatan wajah di klinik khusus kecantikan anda berkesempatan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kecantikan sehingga mendapatkan masukan yang tepat mengenai perawatan wajah yang aman untuk kondisi kehamilan anda.

Klinik Larissa menawarkan perawatan wajah yang menggunakan bahan-bahan alami yang aman bagi ibu hamil. Selain itu klinik Larissa tidak menggunakan alat-alat berfrekuensi tinggi saat melakukan perawatan wajah sehingga aman bagi ibu hamil.

Tentunya dengan kelebihan klinik yang menyediakan konsultasi dengan dokter relatif lebih aman untuk ibu hamil dibandingkan dengan perawatan di salon biasa.

Namun jika anda sudah melahirkan tidak ada salahnya mencoba perawatan wajah di salon, tapi sebelumnya pastikan sudah menyimak 8 Hal Penting Tentang Perawatan Wajah di Salon yang Perlu Anda Tahu agar mendapatkan perawatan yang tepat untuk anda.

 

9. Tips Cara Merawat Wajah Saat Hamil

Saat hamil kondisi tubuh seorang wanita sedang tidak stabil terutama kondisi hormonnya sehingga terkadang timbul masalah pada kulit seperti jerawat dan flek-flek hitam. Untuk menghindari berbagai masalah kulit saat hamil ada baiknya anda mengikuti beberapa tips dari dokter kandungan berikut ini.

Pertama bersihkan wajah secara rutin 2-3 kali sehari seperti biasa. Gunakanlah produk pembersih wajah yang lembut dan bebas minyak karena produksi minyak pada kulit wajah ibu hamil biasanya lebih tinggi.

Sedapat mungkin jangan membersihkan wajah menggunakan susu pembersih karena justru dapat meningkatkan kadar minyak wajah. Setelah wajah dicuci bersih lalu keringkan dengan lembut, cukup dengan menepuk-nepuknya saja menggunakan handuk.

Jangan digosok dengan keras karena dapat menyebabkan kulit wajah menjadi iritasi. Dan untuk melengkapi perawatan wajah harian ibu hamil gunakan pelembab wajah yang teksturnya ringan dan tentunya bebas minyak sehingga kelembaban kulit wajah tetap terjaga tanpa membuat kulit menjadi berminyak.

Selain itu pilihlah pelembab wajah yang mengandung tabir surya untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari sehingga terhindar dari flek-flek hitam.

Ibu hamil juga tidak dilarang menggunakan kosmetik namun pilihlah kosmetik yang mengandung bahan alami dan organik serta terhindar dari merkuri yang berbahaya untuk kesehatan ibu dan janin.

Bagaimana? Cukup jelas bukan? Dengan mengikuti berbagai tips mengenai perawatan wajah di atas anda tentu tidak perlu khawatir lagi mengenai berbagai masalah kulit wajah yang bisa timbul selama masa kehamilan.

Dengan perawatan wajah yang tepat dan dilakukan secara rutin maka kesehatan dan kecantikan wajah anda akan terpelihara dengan baik.

 

10. Tanyakan & Pastikan Keamanan Perawatan Wajah Anda Kepada Dokter Anda

Pastikan anda yakin aman sebelum menerapkan perawatan wajah anda baik secara metode perawatan maupun produknya ya mom.

Tentu saja sangat bijaksana apabila segala informasi yang anda peroleh dipastikan kebenarannya kepada dokter anda, demi kepastian keamanan perawatan wajah anda saat sedang hamil.

Pastikan aman kepada dokter kandungan anda demi kelancaran masa kehamilan anda. Agar tetap sehat ibu dan bayinya ya mom sampai melahirkan.

 

Semoga yang telah disampaikan dan diulas pada pembahasan artikel 10 Pertanyaan & Jawaban Tentang Perawatan Wajah Ibu Hamil dapat membantu dan menyelesaikan masalah yang anda alami.

Jika anda memiliki kritik dan saran yang membangun yang berkaitan dengan pembahasan artikel atau blog ini bisa disampaikan di kolom komentar, terima kasih banyak sebelum dan sesudahnya.

Untuk info menarik lainnya baca juga artikel-artikel lain blog ini yang tentunya bermutu dan terbaru di homepage kami www.cantikterawat.com

Jangan lupa share atau bagikan artikel ini di media sosial kepada keluarga dan kerabat anda jika artikel ini bermanfaat, terima kasih banyak sebelum dan sesudahnya.

 

Referensi :

selalusehat.tech
herbeautycream.com
larissa.co.id

dll

Related Post

10 Perawatan Wajah Kusam Agar Cerah Bersinar Tampak Lebih Putih Punya masalah wajah kusam beserta berminyak, berjerawat, kering, dll jangan khawatir ada solusinya dalam 10 Perawatan Wajah Kusam Agar Cerah Bersinar ...
8 Hal Penting Tentang Perawatan Wajah di Salon yang Perlu Anda Tahu Mau ke salon untuk perawatan wajah? Eits tunggu dulu, kamu harus baca 8 Hal Penting Tentang Perawatan Wajah di Salon yang Perlu Anda Tahu ini dulu ya ...
11 Perawatan Wajah Berminyak Ampuh, Hilangkan Rasa Tidak PD Wajah berminyak dan mengkilap disertai jerawat, kusam, komedo yang bikin jengkel? Atasi dan kembalikan rasa percaya diri kamu dengan 11 Perawatan Waja...
12 Perawatan Wajah Secara Alami Manjur & Tanpa Efek Samping Yang alami memang lebih baik, untuk kamu yang takut efek samping kosmetik yang dijual di pasaran, coba dulu 12 Perawatan Wajah Secara Alami Manjur &am...

ADD YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *