12 Perawatan Rambut Smoothing Efektif & Manjur

Ingin rambut smoothing kamu awet, cepat panjang, tidak jadi rusak dll? Ini solusi untuk kamu 12 Perawatan Rambut Smoothing Efektif & Manjur sesuai dengan kondisi rambut smoothing kamu!

Mau rambut lurus, keriting, bergelombang, ataupun ikal semuanya memiliki kecantikan tersendiri asalkan pandai merawatnya. Namun sebagian orang masih menganggap bahwa rambut lurus merupakan tipe rambut sempurna dan tentunya lebih mudah ditata sehingga banyak orang terutama kaum wanita yang berupaya meluruskan rambutnya.

Oleh karena itu hadirlah berbagai teknik pelurusan rambut seperti rebonding dan smoothing. Dibandingkan rebonding smoothing menawarkan hasil pelurusan rambut yang lebih natural dan tidak kaku sehingga banyak disukai.

Rambut akan menjadi lebih lembut dan halus. Namun tentu saja biaya untuk melakukan smoothing lebih mahal pula. Tidak hanya itu setelah melakukan smoothing anda juga harus melakukan perawatan ekstra agar hasil smoothing bertahan lama.

Karena bagaimanapun juga proses smoothing menggunakan bahan-bahan kimia tertentu yang efeknya tentu akan habis sewaktu-waktu sehingga perlu perawatan khusus agar tahan lama dan tidak membuat rambut menjadi rusak.

 

1. Cara Merawat Rambut Smoothing Agar Awet dan Tidak Kembali Seperti Semula

Setelah mendapatkan rambut lurus idaman tentu anda berharap agar rambut smoothing anda tetap awet dan tidak mudah kembali ke kondisi sebelumnya. Untuk itu perhatikan beberapa hal berikut dalam perawatan rambut sehari-hari.

Pertama jangan langsung keramas setelah melakukan proses smoothing. Anda bisa keramas setelah 3-4 hari proses smoothing sehingga obat smoothing dapat meresap sempurna ke dalam rambut. Hindari juga menggunakan air panas atau hangat saat keramas karena dikhawatirkan akan mempengaruhi obat smoothing yang ada di rambut.

Gunakan saja air bersuhu normal seperti biasa. Untuk menunjang kesehatan rambut aplikasikan kondisioner, vitamin, dan serum rambut setelah keramas. Agar rambut tetap rapi dan tidak mengembang sebaiknya anda berada dalam posisi berdiri tegak saat mengeringkan rambut.

Dibanding menggunakan sisir plastik anda lebih disarankan menggunakan sisir kayu bergigi jarang ketika menyisir rambut sehingga rambut terhindar dari pengaruh listrik statis dan tidak mendapat tekanan yang terlalu keras.

Dan yang tidak kalah penting minimalisir penggunaan jepit atau ikat rambut yang terlalu keras dan dalam waktu lama karena dikhawatirkan akan meninggalkan bekas patahan atau tekanan pada rambut.

 

2. Cara Merawat Rambut Smoothing Agar Cepat Panjang

Rambut lurus hasil smoothing tentu akan semakin indah jika semakin panjang dan sehat. Untuk itu bagi anda yang telah melakukan proses smoothing kemudian ingin rambutnya cepat panjang sebaiknya melakukan perawatan yang tepat secara teratur.

Diantara perawatan yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan masker rambut menggunakan bahan-bahan alami seperti minyak zaitun, santan, teh hijau, dan lidah buaya. Bahan-bahan alami ini telah lama dibuktikan manfaatnya untuk menutrisi rambut sehingga rambut anda lebih cepat tumbuh dan sehat.

Sembari dimasker lakukan pula pemijatan pada kulit kepala sehingga aliran darah di area kulit kepala menjadi lancar dan rambutpun sehat.

Disamping itu asupan nutrisi untuk tubuh juga tidak kalah penting untuk mendukung pertumbuhan rambut sehingga anda juga disarankan untuk mengatur pola makan dan konsumsi makanan kaya gizi terutama yang mengandung protein.

Bahan makanan seperti telur, daging, susu, dan kacang-kacangan sangat bermanfaat untuk membantu memperkuat akar rambut, menyuburkan dan mempercepat pertumbuhan rambut, serta membuat rambut tampak indah dan lebat.

 

3. Cara Merawat Rambut Rusak Akibat Smoothing dan Warna

Proses smoothing dan pewarnaan rambut menggunakan bahan-bahan kimia sehingga jika terlalu sering dilakukan dapat membuat rambut menjadi kering dan rusak. Apalagi jika tidak didukung dengan perawatan yang tepat.

Nah, jika rambut anda sudah terlanjur rusak akibat sering melakukan kedua hal tersebut maka jangan panik dulu karena selalu ada solusi dari setiap masalah. Yang harus anda lakukan adalah melakukan perawatan yang benar secara teratur dan untuk sementara menghindari penggunaan bahan-bahan kimia pada rambut.

Diantara perawatan yang bisa dilakukan adalah dengan memilih shammpo dan kondisioner yang berbahan ‘lembut’ sehingga tidak memperparah kondisi rambut dan dapat menjadikan rambut lebih lembut. Selain itu jaga juga intensitas keramas, jangan keramas terlalu sering karena justru dapat menurunkan kelembaban rambut.

Untuk mempercepat proses perbaikan rambut rusak jangan lupa pula untuk menggunakan vitamin rambut sehingga rambut mendapat asupan nutrisi yang cukup. Agar rambut tidak semakin kering dan rusak sebaiknya anda menghindari paparan sinar matahari secara langsung ke rambut.

Anda dapat menggunakan topi atau penutup kepala lainnya. Perawatan lain yang juga baik dilakukan adalah dengan melakukan creambath dan hair spa setiap minggu atau beberapa kali dalam sebulan. Dengan melakukan hal-hal tersebut maka rambut rusak anda akan berangsur sehat dan indah kembali.

 

4. Cara Merawat Rambut Setelah Smoothing Agar Tidak Kaku

Meskipun smoothing bertujuan untuk membuat rambut tampak lurus alami namun ada sebagian kasus dimana rambut justru menjadi kaku setelah dismoothing. Jika mengalami hal ini maka anda jangan keburu panik.

Anda dapat mengaplikasikan beberapa cara berikut agar rambut hasil smoothing tidak kaku. Diantaranya dengan menggunakan shampo pelembut sehingga rambut yang kaku dapat menjadi lembut kembali.

Jangan lupa pula untuk menggunakan kondisioner setelah keramas untuk mendukung perawatan rambut. Kemudian anda juga disarankan untuk memasker rambut baik menggunakan masker siap pakai yang banyak dijual di pasaran atau menggunakan masker yang dibuat sendiri di rumah.

Perawatan mingguan atau bulanan lainnya yang juga dianjurkan adalah creambath sehingga rambut yang kaku dapat lembut kembali. Anda dapat melakukan creambath sendiri di rumah atau menggunakan jasa salon sebagai cara yang lebih praktis.

Agar rambut hasil smoothing tidak tampak kaku sebaiknya jangan menggunakan hair dryer ketika mengeringkan rambut dan ketika menggunakan handuk sebaiknya jangan menggosok rambut terlalu keras. Cukup diusap atau ditepuk lembut saja.

 

5. Cara Merawat Rambut Smoothing Agar Tetap Lurus dan Lembut

Anda tentu senang sekali sehabis melakukan smoothing dan mendapati rambut lurus yang selama ini didambakan. Namun jangan lupa bahwa rambut hasil smootihing harus dirawat dengan baik agar tetap lurus dalam waktu relatif lama dan tidak kasar.

Perawatan yang harus dilakukan diantaranya dengan rutin memasker rambut beberapa kali dalam seminggu. Anda dapat menggunakan masker rambut siap pakai atau hasil racikan sendiri menggunakan bahan-bahan seperti alpukat, yoghurt, lidah buaya, santan, dan susu.

Kemudian demi menjaga keawetan hasil smoothing jangan langsung melakukan keramas setelah proses smoothing. Tunggu 3-4 hari setelahnya baru lakukan keramas dengan bersih dan lanjutkan dengan penggunaan kondisioner.

Kemudian berikan asupan nutrisi pada rambut dengan memberi vitamin, serum, dan masker rambut. Beberapa hal yang harus dihindari agar rambut tetap lurus diantaranya mengikat atau menggulung rambut terlalu kencang dan menggunakan hair dryer ketika mengeringkan rambut.

Kemudian sedapat mungkin hindari melakukan pencatokan rambut. Dengan melakukan perawatan yang benar secara rutin dan menghindari beberapa hal tersebut maka rambut hasil smoothing akan awet lurusnya dan tetap lembut.

 

6. Cara Merawat Rambut Smoothing Agar Tidak Rontok

Smoothing rambut memang disukai terutama oleh kaum wanita karena menghasilkan tampilan rambut yang cantik dan rapi. Namun tidak jarang proses smoothing menyebabkan rambut menjadi rontok sehingga rambut tampak tipis yang tentunya menimbulkan kekhawatiran.

Untuk itu anda perlu merawat rambut terutama sehabis smoothing dengan benar agar tidak mudah rontok. Diantara perawatan yang bisa dilakukan adalah dengan memilih produk shampo yang tepat.

Beberapa jenis shampo yang disarankan adalah shampo anti hair fall, shampoo ginseng, dan shampoo lidah buaya. Setelah keramas jangan lupa mengaplikasikan kondisioner. Kemudian jangan lupa pula melakukan perawatan mingguan berupa masker rambut dan creambath.

Tidak hanya di salon anda dapat melakukan kedua hal tersebut sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan alami yang ada di dapur. Diantara bahan-bahan alami yang baik digunakan untuk mencegah kerontokan rambut adalah minyak zaitun, minyak argan, alpukat, pisang, lidah buaya, yoghurt, dan lain sebagainya.

Ketahui lebih banyak cara tepat merawat rambut rontok lainnya di 10 Perawatan Rambut Rontok Paling Tepat Berdasarkan Gejalanya

 

7. Cara Merawat Rambut Smoothing Agar Tidak Kering

Rambut yang dismoothing juga rentan kering sehingga tidak enak dipegang dan dipandang. Oleh karena itu perlu perawatan khusus setelah smoothing agar kelembaban rambut tetap terjaga.

Diantaranya dengan menghindari dulu beragam jenis hair styling seperti menggunakan alat catok rambut, mewarnai rambut, atau menggunakan hair dryer ketika mengeringkan rambut. Alat-alat atau bahan kimia ini dapat membuat rambut menjadi kering.

Selain itu hindari pula mengikat rambut terlalu kencang sehingga rambut dapat bernapas dan beristirahat. Jangan lupa pula untuk memberikan nutrisi yang cukup pada rambut dengan menggunakan vitamin rambut, hair tonic, dan masker rambut.

Berikan secara teratur agar nutrisi rambut tercukupi. Selain itu anda juga dapat menggunakan bahan-bahan alami untuk menutrisi rambut diantaranya dengan menggunakan minyak zaitun, baby oil, dan minyak kelapa.

Dan jika rambut sudah terlanjur kering, rusak, atau bercabang sebaiknya lakukan proses trim atau pemotongan bagian ujung rambut secara teratur atau terapkan salah satu dari 12 Perawatan Rambut Kering Terbaik, Membahas dari A sampai Z.

 

8. Perawatan Rambut Rebonding / Smoothing Gagal

Proses rebonding ataupun smoothing tidak selamanya berjalan sukses. Ada sebagian kasus dimana terjadi kegagalan sehingga rambut bukannya lurus dan rapi namun justru tetap mengembang, rontok dan patah-patah, serta kering dan pecah-pecah.

Hal ini bisa disebabkan oleh ketidakprofesionalan pegawai salon tempat anda melakukan rebonding atau smoothing. Namun jangan khawatir karena masalah seperti ini bukan tidak ada solusinya.

Jika rambut anda mengalami rontok dan patah setelah proses rebonding atau smoothing maka sebaiknya lakukan treatment berupa hair spa dengan menggunakan hair tonic berkualitas. Dengan melakukan hal ini secara teratur maka rambut rontok dan patah akan berangsur sehat dan normal seperti sediakala.

Kemudian jika setelah rebonding atau smoothing rambut menjadi kering, rusak, dan pecah-pecah maka anda dapat melakukan perawatan rambut rusak di salon-salon terdekat dan diikuti dengan melakukan masker rambut.

Dengan perawatan rutin maka rambut anda yang rusak akan berangsur normal kembali. Untuk menghindari kegagalan saat proses rebonding atau smoothing sebaiknya pilihlah salon yang dikenal berkualitas dan didukung tenaga profesional yang handal.

 

9. Perawatan Rambut Smoothing Secara Alami

Rambut yang telah dismoothing tentu harus dirawat dengan baik agar tetap awet, sehat, dan terhindar dari berbagai macam masalah rambut. Untuk merawatnya anda tidak perlu repot harus ke salon atau menggunakan produk-produk perawatan rambut yang harganya selangit.

Anda bisa merawatnya sendiri di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Diantaranya dengan menggunakan susu, santan, lidah buaya, alpukat, yoghurt, minyak zaitun, dan lain sebagainya.

Bahan-bahan ini tidak hanya baik untuk kesehatan rambut namun juga bermanfaat untuk kesehatan kulit dan tubuh secara keseluruhan. Selain dilakukan perawatan luar anda juga disarankan untuk banyak mengonsumsi buah dan sayur sehingga kebutuhan nutrisi tubuh termasuk rambut terpenuhi dengan baik.

Selain itu agar rambut smoothing tidak mudah rusak hindari pula hal-hal seperti penggunaan hair dryer yang berlebihan, penggunaan alat catok, pewarnaan rambut, atau mengikat rambut terlalu kencang.

 

10. Perawatan Rambut Smoothing di Salon Dengan L’Oreal dan Matrix

Namun jika anda ingin cara yang lebih praktis maka anda bisa memilih melakukan perawatan rambut smoothing di salon-salon terdekat. Selain itu hal ini bisa dijadikan momen untuk berelaksasi dan memanjakan diri dari kesibukan sehari-hari.

Jika anda melakukan perawatan di salon biasanya anda akan ditreatment dengan menggunakan produk-produk perawatan rambut terkenal diantaranya produk perawatan rambut dari L’Oreal dan Matrix. Kedua merek ini merupakan produsen produk kecantikan yang telah lama dikenal dan digunakan oleh banyak orang.

Untuk perawatan rambut smoothing ada masker rambut L’Oreal Professionel Hair Spa yang banyak digunakan di salon-salon untuk perawatan rambut smoothing.

Masker rambut ini mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan oleh rambut dan kulit kepala sehingga tetap sehat meskipun telah melalui proses smoothing yang menggunakan bahan-bahan kimia.

Tidak hanya itu masker rambut ini juga akan memelihara kelembaban rambut sehingga rambut tidak menjadi kering.

Selain L’Oreal ada pula Matrix Biolage Hydra-Crème yang merupakan masker rambut khusus untuk perawatan rambut smoothing. Masker ini mengandung camellia serum yang bermanfaat untuk melembutkan rambut dan memelihara kelembabannya.

 

11. Produk Shampo Perawatan Rambut Smoothing

Rambut yang telah dismoothing telah mengalami tekanan dan stres yang cukup berat akibat paparan bahan-bahan kimia sehingga harus mendapat perawatan ekstra. Salah satunya dengan menggunakan shampo khusus yang diaplikasikan pada saat keramas.

Ada beberapa merek shampo yang direkomendasikan bagi rambut smoothing agar rambut tetap sehat dan tidak rusak diantaranya Makarizo Intensive Equalizer Shampoo. Dengan kandungan ekstrak almond yang dimilikinya shampo ini dapat membantu memperkuat rambut dan memelihara kelembabannya.

Kemudian ada L’OCCITANE Repairing Shampoo yang mengandung angelica essential oil, geranium, patchouli, lavender, ylan-ylang, serta protein gandum. Dengan berbagai bahan bermanfaat yang dimilikinya shampo dari L’OCCIANE ini akan merawat rambut hasil smoothing sehingga rambut tetap lembut, halus, bersinar, dan kuat.

Selain dua merek tersebut masih ada beberapa merek shampo lainnya yang cocok digunakan untuk perawatan rambut smoothing.

 

12. Cara Merawat Rambut Smoothing Berjilbab di Rumah

Smoothing rambut ternyata juga disukai oleh sebagian wanita berjilbab. Meskipun rambut mereka ditutupi ketika keluar rumah namun mereka tentu ingin memiliki rambut yang lurus dan indah pula.

Pada dasarnya perawatan rambut smoothing sama saja seperti yang telah disebutkan di atas baik bagi wanita berjilbab ataupun tidak. Hanya saja wanita berjilbab tentu perlu melakukan perawatan ekstra karena rambut mereka sering dalam kondisi tertutup terutama bagi yang beraktivitas seharian di luar rumah.

Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah jangan mengikat rambut terlalu kencang sebelum memakai jilbab sehingga rambut terhindar dari tekanan yang terlalu kuat dalam waktu lama. Kemudian pilih jilbab berbahan lembut dan mudah menyerap keringat sehingga rambut tidak lepek dan gerah.

Setelah selesai beraktivitas istirahatkan rambut anda selama di rumah. Jika perlu biarkan saja terurai sehingga rambut dapat beristirahat setelah seharian tertutup.

Dengan menerapkan cara-cara tersebut maka rambut smoothing anda akan tetap sehat dan cantik meskipun anda mengenakan jilbab sehari-hari.Tidak sulit bukan?

Dengan perawatan yang tepat baik di rumah ataupun di salon maka rambut hasil smoothing anda akan awet, sehat, serta terhindar dari kerusakan. Yang penting lakukan perawatan secara benar dan teratur serta terapkan pola hidup sehat sehingga tidak hanya rambut tubuh anda pun menjadi sehat dan bugar.

 

Semoga yang telah disampaikan dan diulas pada pembahasan artikel 12 Perawatan Rambut Smoothing Efektif & Manjur dapat membantu dan menyelesaikan masalah yang anda alami.

Jika anda memiliki kritik dan saran yang membangun yang berkaitan dengan pembahasan artikel atau blog ini bisa disampaikan di kolom komentar, terima kasih banyak sebelum dan sesudahnya.

Untuk info menarik lainnya baca juga artikel-artikel lain blog ini yang tentunya bermutu dan terbaru di homepage kami www.cantikterawat.com

Jangan lupa share atau bagikan artikel ini di media sosial kepada keluarga dan kerabat anda jika artikel ini bermanfaat, terima kasih banyak sebelum dan sesudahnya.

Referensi :

penatarambut.com
wajahkorea.com
tampilcantik.com
dll

Related Post

10 Serba-Serbi Perawatan Rambut di Salon Dari A-Z Perawatan rambut apa saja yang ada di salon & produk apa yang recommended? Temukan jawabannya di 10 Serba-Serbi Perawatan Rambut di Salon Dari A-Z...
10 Perawatan Rambut Rontok Paling Tepat Berdasarkan Gejalanya Jangan sembarangan memperlakukan rambut rontok, atasi sesuai dengan gejalanya seperti bila disertai ketombe, kering, bercabang dll dengan menyimak 10 ...
12 Perawatan Rambut Kering Terbaik, Membahas dari A sampai Z Rambut kering beserta gejala-gejala lain yang mengikuti? Jangan khawatir, semua masalah bisa dituntaskan karena 12 Perawatan Rambut Kering Terbaik, Me...
12 Perawatan Rambut Rusak Tepat Guna Berdasarkan Kerusakannya Rambut rusak akibat smoothing, rebonding, bleaching, atau malah kering, rontok? Tenang semua gejala rambut rusak ada cara mengatasinya di 12 Perawatan...

ADD YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *