12 Perawatan Rambut Rusak Tepat Guna Berdasarkan Kerusakannya

Rambut rusak akibat smoothing, rebonding, bleaching, atau malah kering, rontok? Tenang semua gejala rambut rusak ada cara mengatasinya di 12 Perawatan Rambut Rusak Tepat Guna Berdasarkan Kerusakannya.

Setiap orang tentu ingin memiliki rambut sehat dan indah layaknya bintang iklan shampo di televisi. Namun sayangnya berbagai faktor menyebabkan keinginan ini terkadang tidak menjadi kenyataan.
Ada berbagai jenis masalah rambut mulai dari kerontokan, ketombe, kering, bercabang, kusam, dan lain sebagainya. Pada dasarnya semua masalah rambut ini terjadi akibat kesalahan dalam perawatan rambut sehari-hari.

Mulai dari enggan membersihkan rambut, penggunaan bahan kimia seperti pewarna rambut yang terlalu sering, pencatokan rambut, terlalu sering berjemur di bawah sinar matahari, penggunaan hair dryer terlalu sering, dan berbagai faktor lainnya.

Jika hal ini sudah terjadi dan anda mendapati rambut telah rusak maka jangan putus asa dulu karena dengan perawatan yang tepat maka rambut rusak anda bisa berangsur sehat kembali.

 

1. Cara Merawat Rambut Rusak Agar Kembali Sehat

Perawatan rambut rusak dapat disesuaikan dengan kondisi rambut. Misalnya jika rambut kering dan bercabang maka lakukan perawatan secara rutin mulai dari mencuci rambut, mengaplikasikan kondisioner, pemberian serum dan vitamin rambut, memasker rambut beberapa kali dalam seminggu, serta memotong ujung rambut yang bercabang.

Sementara jika rambut anda berketombe perawatan yang bisa dilakukan diantaranya dengan rajin mencuci rambut, menggunakan shampo anti ketombe, menggunakan hair tonic, menggunakan produk hair styling yang aman, dan lain sebagainya.

Anda juga dapat memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar anda untuk merawat rambut yang rusak seperti lidah buaya, pisang, alpukat, telur, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dan yang tidak boleh dilupakan adalah mengonsumsi makanan bergizi seperti buah dan sayur yang juga berpengaruh penting pada kesehatan rambut. Dengan menerapkan cara-cara ini rambut sehat dan indah akan menjadi milik anda lagi.

 

2. Cara Merawat Rambut Rusak Akibat Smoothing

Smoothing rambut memang digandrungi oleh banyak orang karena menghasilkan tampilan rambut yang lurus, rapi, dan indah. Namun karena penggunaan bahan kimia pada obat smoothing menjadikan rambut beresiko menjadi rusak seperti kering dan bercabang.

Jika rambut anda terlanjur rusak akibat proses smoothing maka jangan putus asa dulu karena ada perawatan-perawatan yang bisa dilakukan agar rambut sehat dan normal kembali.

Diantaranya dengan menghentikan dahulu tindakan hairstyling rambut seperti meluruskan rambut menggunakan alat catok, menggunakan hair dryer, ataupun pewarnaan rambut.

Kemudian beri perawatan ekstra dan lakukan secara teratur mulai dari pemberian kondisioner, vitamin rambut, serum, serta masker rambut beberapa kali dalam seminggu. Untuk masker rambut anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah seperti alpukat, lidah buaya, dan jeruk nipis.

Kemudian anda juga disarankan untuk melakukan trim rambut yaitu memotong ujung-ujung rambut yang rusak sehingga tidak semakin parah. Itulah beberapa cara untuk merawat rambut yang rusak akibat sering melakukan proses smoothing.

Jika ingin mengetahui lebih banyak cara merawat rambut smoothing simak 12 Perawatan Rambut Smoothing Efektif & Manjur.

 

3. Cara Merawat Rambut Rusak Akibat Rebonding

Sebelum smoothing popular di masyarakat sebagai cara untuk mempercantik dan merapikan rambut, rebonding rambut lebih dulu dikenal dan populer sebagai cara untuk meluruskan rambut.

Sama seperti proses smoothing, rebonding juga menggunakan produk atau obat yang mengandung bahan-bahan kimia tertentu sehingga juga berpotensi menyebabkan kerusakan rambut.

Rambut bisa menjadi kering, patah-patah, hingga bercabang. Jika hal seperti ini sudah terlanjur terjadi maka yang dapat anda lakukan adalah merawatnya dengan telaten agar kembali sehat.

Perawatan yang dilakukan tidak jauh berbeda dengan perawatan rambut rusak akibat proses smoothing dimana anda disarankan untuk menghentikan sementara penggunaan alat atau obat styling rambut seperti alat catok dan pewarna rambut.

Kemudian lakukan perawatan ekstra mulai dari membersihkan rambut secara teratur, memberikan kondisioner pada rambut, pemberian serum dan vitamin rambut, hingga memasker rambut beberapa kali dalam seminggu.

Selain melakukan perawatan sendiri di rumah anda sesekali juga bisa memanjakan diri di salon dengan melakukan perawatan seperti creambath dan hair spa.

 

4. Cara Merawat Rambut Rusak Akibat Bleaching

Kita tentu tidak heran lagi melihat warna rambut seseorang yang berubah-ubah. Hari ini merah, besok hijau, lusa sudah berubah menjadi ungu. Dengan kemajuan teknologi dalam bidang kecantikan maka pewarnaan rambut merupakan hal yang lumrah.

Dan agar hasil pewarnaan rambut maksimal biasanya dilakukan proses bleaching terlebih dahulu untuk melunturkan warna natural rambut. Namun sayangnya penggunaan produk untuk bleaching rambut yang mengandung bahan-bahan kimia dapat merusak rambut sehingga rambut menjadi kering dan kasar.

Apalagi jika proses bleaching dilakukan berulang kali dan tidak disertai perawatan yang benar. Bila rambutmu sudah terlanjur rusak maka segera hentikan proses bleaching dan lakukan perawatan yang intensif.

Mulai dari pemilihan shampo dan kondisoner yang khusus untuk rambut rusak sehingga kerusakan rambut teratasi sekaligus mengembalikan kesehatan rambut. Lakukan perawatan rambut secara teratur mulai dari pencucian, pemberian kondisioner, vitamin, dan serum rambut, hingga masker rambut.

Kemudian perlakukan rambut dengan lembut dengan tidak menyisirnya terlalu keras atau mengikatnya terlalu ketat. Lindungi pula rambutmu dari sengatan sinar matahari ketika beraktivitas di luar ruangan dengan menggunakan topi atau penutup kepala.

Dengan melakukan cara-cara tersebut maka rambutmu yang sudah terlanjur rusak akan berangasur sehat kembali.

 

5. Perawatan Rambut Rusak Parah

Rambut kering, berketombe, rontok, bercabang, merupakan ciri-ciri rambut rusak. Jika hal ini semakin parah maka anda harus segera melakukan perawatan ekstra dan intens karena rambut merupakan mahkota kepala sehingga penting untuk dipelihara.

Perawatan rambut rusak parah bisa dilakukan dari dua sisi yaitu perawatan luar dan perawatan dalam. Untuk perawatan luar dimulai dari membersihkan rambut secara teratur menggunakan shampo khusus untuk rambut rusak.

Jangan lupa memakai kondisioner dan vitamin rambut. Kemudian potonglah rambut sekali sebulan terutama pada bagian ujungnya agar tidak semakin parah. Lakukan pemaskeran rambut menggunakan bahan-bahan alami seperti alpukat, jeruk nipis, telur, minyak zaitun, lidah buaya, dan lain sebagainya.

Agar kondisi rambut tidak semakin parah lindungi rambut dari sengatan sinar matahari dan paparan bahan-bahan kimia yang banyak terdapat pada produk styling rambut. Sementara untuk perawatan dari dalam anda dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih dan menghindari minuman beralkohol.

Kemdian yang juga tidak boleh dilupakan adalah mengonsumsi makanan bergizi yang baik bagi rambut seperti kacang-kacangan, ikan tuna, kenari, ikan salmon, sayuran, wortel, alpukat, dan lain sebagainya.

 

6. Cara Merawat Rambut Kering dan Rusak

Memiliki rambut kering dan rusak tentu bukan hal yang diinginkan siapapun. Namun karena berbagai faktor hal ini bisa terjadi sehingga harus ditangani dengan benar. Untuk merawat rambut yang sudah terlanjur kering dan rusak anda sebaiknya mulai dari proses pembersihan rambut dan kulit kepala.

Pilihlah produk shampo dan kondisioner yang memang khusus ditujukan bagi rambut kering dan rusak serta gunakan secara teratur. Kemudian hindari penggunaan hair dryer atau bahan-bahan kimia pada rambut karena justru dapat membuat rambut semakin kering dan rusak.

Perlakukan rambut dengan lembut seperti tidak mengikatnya terlalu kencang dan gunakan sisir bergigi jarang. Kemudian jangan suka menggosok atau menggesek rambut seperti menggosok rambut dengan keras sehabis keramas.

Dan yang tidak kalah penting perbanyaklah konsumsi makanan sehat dan bergizi yang mengandung protein serta vitamn B dan E karena sangat baik untuk kesehatan rambut.

Simak juga cara merawat rambut kering lainnya di 12 Perawatan Rambut Kering Terbaik, Membahas dari A sampai Z.

 

7. Cara Merawat Rambut Kering, Rusak, dan Mengembang

Perlakuan yang tidak tepat pada rambut dan kurangnya perawatan bisa menyebabkan rambut menjadi kering, rusak, dan mengembang sehingga sulit sekali ditata. Hal ini tentu sangat mempengaruhi penampilan sehingga dapat membuat seseorang menjadi tidak percaya diri.

Untuk itu perlu perawatan rambut yang benar agar rambut kembali sehat, lembab, serta tidak mengembang. Diantara perawatan yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang terbukti dapat menyehatkan rambut seperti lidah buaya, madu, dan minyak zaitun.

Disamping itu anda tentu saja harus membersihkan rambut secara teratur sehingga kotoran dan debu tidak menumpuk di rambut dan kulit kepala.

Untuk mencukupkan kebutuhan nutrisi rambut anda juga disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan bergizi terutama yang mengandung vitamin B sehingga rambut kembali sehat dan indah.

Selain itu hentikan dulu penggunaan alat styling rambut seperti catok rambut, hair dryer, dan pewarna rambut. Biarkan rambut beristirahat dan melakukan recovery.

 

8. Cara Merawat Rambut Rusak dan Rontok

Selain rambut kering kerontokan rambut juga merupakan salah satu tanda rambut yang rusak. Apalagi jika rontok hingga lebih dari 100 helai per hari sehingga anda terancam mengalami kebotakan jika tidak segera diatasi.

Diantara perawatan yang bisa dilakukan dimulai dari cara menyisir rambut. Pilihlah sisir bergigi lebar dan sisir rambut dengan lembut. Jangan malas menyisir rambut namun jangan pula terlalu sering karena bisa menyebabkan rambut bertambah rontok.

Kemudian bersihkan atau cuci rambut secara teratur menggunakan shampo dan kondisoner yang memang ditujukan untuk rambut rontok. Untuk perawatan mingguan anda bisa melakukan masker rambut menggunakan bahan-bahan alami seperti alpukat, lidah buaya, pisang, dan cuka apel.

Dan untuk sementara waktu hentikan dulu proses pewarnaan rambut atau penggunaan alat penata rambut seperti catok sehingga rambut dapat beristirahat dan mengalami perbaikan.

Ketahui juga cara merawat rambut rontok lainnya lebih banyak di 10 Perawatan Rambut Rontok Paling Tepat Berdasarkan Gejalanya.

 

9. Cara Merawat Rambut Rusak Secara Alami

Untuk merawat rambut rusak ada banyak produk perawatan rambut seperti shampo, kondisioner, dan masker rambut siap pakai yang bisa diaplikasikan. Namun anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar anda untuk merawat rambut yang sudah terlanjur rusak.

Selain lebih murah cara ini tentu lebih minim efek samping karena tidak melibatkan bahan tambahan. Ada banyak pilihan bahan alami yang bisa digunakan diantaranya cuka apel, minyak kelapa, kuning telur, mayonaise, lidah buaya, minyak bunga matahari, dan minyak almond.

Untuk merawat rambut rusak menggunakan cuka apel anda bisa mencampurkan setengah cangkir cuka apel, air, dan satu sendok makan gandum. Ketiga bahan ini dicampur hingga cukup encer dan langsung dibalurkan ke seluruh bagian rambut.

Tutup dengan handuk hangat dan biarkan selama sekitar setengah jam. Setelah itu cuci rambut dengan bersih. Dengan pemakaian teratur rambut rusak anda akan sehat kembali dan tampak lebih berkilau.

 

10. Perawatan Rambut Rusak Secara Tradisional

Sebelum ditemukannya perawatan rambut modern di salon-salon orang-orang dulu telah melakukan perawatan rambut secara tradisional sehingga rambut mereka tidak kalah indah dan sehat dibandingkan orang-orang zaman modern.

Untuk itu tidak ada salahnya jika kita melakukan perawatan rambut rusak secara tradisional yang tentunya menggunakan bahan-bahan alami. Diantaranya dengan menggunakan campuran minyak amla dan minyak serai.

Kedua jenis minyak alami ini dicampur dengan komposisi minyak amla setengah cangkir dan minyak serai 3 tetes. Kemudian minyak ini dihangatkan dan dibalurkan ke rambut dan kulit kepala sembari dilakukan pemijatan. Diamkan selama setengah jam dan kemudian cuci rambut hingga bersih.

Perawatan tradisional ini dapat dilakukan sekali dalam seminggu. Dengan perawatan teratur rambut rusak anda akan kembali sehat dan indah.

Selain itu perawatan rambut rusak secara tradisional juga dapat dilakukan dengan menggunakan campuran minyak macadamia dan minyak delima, campuran minyak argan dan minyak jojoba, minyak zaitun, dan lain sebagainya.

 

11. Perawatan Rambut Rusak di Salon

Bagi anda yang sangat sibuk sehingga tidak sempat melakukan perawatan rambut sendiri di rumah maka salon merupakan pilihan yang tepat. Hal ini bisa sekaligus dijadikan sarana untuk berelaksasi dan memanjakan diri.

Ada banyak jenis treatment untuk mengatasi rambut rusak tergantung dengan kondisi rambut. Apakah rontok, berketombe, kering, kombinasi, dan lain sebagainya. Tenaga ahli di salon akan memeriksa kondisi rambut anda dan menyarankan jenis perawatan yang tepat.

Diantara jenis perawatan rambut rusak di salon adalah hair mask, hair cut, hair trimming, hair manicure, crembath, hair spa, dan lain sebagainya. Karyawan salon akan melakukan beberapa jenis perawatan rambut sesuai dengan kondisi rambut anda.

 

12. Produk Shampo Perawatan Rambut Rusak

Ada banyak merek shampo yang bisa kamu aplikasikan untuk perawatan rambut rusak. Diantaranya ada Dove Total Damage Treatment Shampoo. Dengan kandungan minyak biji bunga matahari dan keratinnya shampoo ini akan memperbaiki rambut yang rusak serta mencegahnya dari kerusakan lebih lanjut.

Untuk hasil yang maksimal gunakan pula Dove Total Damage Treatment Condisioner setelah keramas. Pilihan lainnya adalah TRESemme Deep Cleanse and Protect Shampoo dan TRESemme Deep Cleanse and Protect Conditioner.

Kedua produk dari TRESemme ini merupakan rangkaian shampo dan kondisioner yang dapat membersihkan rambut dan kulit kepala tidak hanya dari berbagai kotoran namun juga sisa bahan kimia dari produk styling rambut sehingga rambut menjadi benar-benar bersih.

Shampo ini juga mengandung green tea dan natural ginger extract yang merupakan antioksidan yang dapat menyehatkan rambut serta mencegah kerusakan rambut yang lebih parah.

Banyak sekali bukan jenis perawatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut rusak? Anda bisa memilih mau melakukan perawatan sendiri di rumah atau menggunakan jasa salon kecantikan.

Mau menggunakan berbagai produk perawatan rambut siap pakai atau memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar. Tunggu apa lagi? Mari rawat rambut kita mulai dari sekarang.

 

Semoga yang telah disampaikan dan diulas pada pembahasan artikel 12 Perawatan Rambut Rusak Tepat Guna Berdasarkan Kerusakannya dapat membantu dan menyelesaikan masalah yang anda alami.

Jika anda memiliki kritik dan saran yang membangun yang berkaitan dengan pembahasan artikel atau blog ini bisa disampaikan di kolom komentar, terima kasih banyak sebelum dan sesudahnya.

Untuk info menarik lainnya baca juga artikel-artikel lain blog ini yang tentunya bermutu dan terbaru di homepage kami www.cantikterawat.com

Jangan lupa share atau bagikan artikel ini di media sosial kepada keluarga dan kerabat anda jika artikel ini bermanfaat, terima kasih banyak sebelum dan sesudahnya.

 

Referensi :

merdeka.com
tipkecantikan.com
femaleonklik.com
dll

Related Post

12 Perawatan Rambut Smoothing Efektif & Manjur Ingin rambut smoothing kamu awet, cepat panjang, tidak jadi rusak dll? Ini solusi untuk kamu 12 Perawatan Rambut Smoothing Efektif & Manjur sesuai...
10 Serba-Serbi Perawatan Rambut di Salon Dari A-Z Perawatan rambut apa saja yang ada di salon & produk apa yang recommended? Temukan jawabannya di 10 Serba-Serbi Perawatan Rambut di Salon Dari A-Z...
12 Perawatan Rambut Kering Terbaik, Membahas dari A sampai Z Rambut kering beserta gejala-gejala lain yang mengikuti? Jangan khawatir, semua masalah bisa dituntaskan karena 12 Perawatan Rambut Kering Terbaik, Me...
10 Perawatan Rambut Rontok Paling Tepat Berdasarkan Gejalanya Jangan sembarangan memperlakukan rambut rontok, atasi sesuai dengan gejalanya seperti bila disertai ketombe, kering, bercabang dll dengan menyimak 10 ...

ADD YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *